web stats

Kamis, 12 Desember 2013

HAZARD dan DANGER K3

HAZARD


·         Identifikasi         : Gambar alat berat di atas merupakan salah satu contoh hazard. Dimana dalam 9 hal identifikasi hazard dan bahaya, alat berat ini termasuk ke dalam kelompok ”Alat” yang menjadi hazard dalam melakukan proses pekerjaan.
·         Resiko              : Resiko yang mungkin terjadi akibat alat berat ini adalah jika pengemudi atau pengendali alat ini malakukan sedikit kesalahan (mengantuk, keliru menekan tombol, dsb) maka alat ini dapat mencelakakan/melukai setiap orang yang ada di sekitarnya.
·         Pengendalian      : Pengendalian yang dapat dilakukan untuk mengendalikan resiko yang dapat ditimbulkan dari alat berat ini adalah dengan menggunakan upaya pengendalian rekayasa (enginering) dimana teknologi dimanfaatkan untuk membuat sensor pada alat berat baik itu pada ruang kemudi maupun pada sekop alat berat tersebut sehingga dapat memberikan peringatan jika pengemudi mengantuk ataupun dapat menghindar jika alat tersebut berhadapan dengan manusia.



·         Identifikasi         : Gambar di atas adalah Gambar yang di ambil ketika sedang ada perbaikan tangga di kawasan gunung bromo. Kawasan Gunung Bromo di sini termasuk ke dalam salah satu contoh hazard bagi pekerja. Dimana dalam 9 hal identifikasi hazard dan bahaya, kawasan Gunung Bromo termasuk ke dalam kelompok ”Alam” yang menjadi hazard ketika melakukan pekerjaan.
·         Resiko                : Resiko pekerjaan di kawasan Gunung Bromo ini adalah apabila pekerja tidak menggunakan masker (penutup hidung dan mulut) dapat terkena Penyakit Akibat Kerja (PAK) berupa ISPA.
·         Pengendalian      : Upaya pengendalian yang dapat dilakukan untuk mengendalikan resiko yang dapat ditimbulkan dari tempat kerja yang berada di kawasan Gunung Bromo ini adalah dengan cara penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja dan mengatur administrasi kerja yang baik yaitu melakukan rolling shift kerja.




DANGER


·         Identifikasi      : Gambar di atas termasuk ke dalam salah satu contoh Bahaya (Danger). Dimana gambar tersebut menggambarkan salah satu bahaya (danger) yang ditimbulkan dari ”Produk/Hasil” suatu pekerjaan.
·         Resiko             : Resiko yang dapat terjadi sudah dapat terlihat, limbah yang telah menyebabkan begitu banyak ikan mati terapung di atas air tentu saja akan berbahaya bagi manusia apabila air yang telah tercamar limbah tersebut dikonsumsi atau digunakan oleh manusia.
·         Pengendalian   : Upaya pengendalian yang dapat dilakukan untuk mengendalikan resiko yang dapat dimunculkan dari limbah adalah dengan cara subtitusi (penggantian) pada bahan produksi dengan bahan produksi yang lebih ramah lingkungan. Selain itu upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara rekayasa (enginering), yaitu dengan cara membuat suatu teknologi yang dapat mengolah limbah dengan lebih baik.


·         Identifikasi               : Gambar di atas adalah contoh gambar bahan kimia yang sering kita jumpai di laboratorium kimia. Salah satu sifat bahan kimia adalah korosif. Hal ini tentu saja merupakan salah satu bahaya yang ditimbulkan dari “Bahan” produksi.
·         Resiko                      : Resiko yang dapat terjadi akibat bahan kimia yang bersifat korosif ini adalah jika pekerja yang menggunakan bahan kimia ini kurang berhati-hati ataupun tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dapat menyebabkan kerusakan pada kulit pekerja.

·         Pengendalian            : Upaya pengendalian yang dapat dilakukan untuk mengendalikan resiko yang dapat ditimbulkan dari tempat kerja yang berada di kawasan Gunung Bromo ini adalah dengan cara penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja dan pemberian keterangan bahaya pada bahan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar