web stats

Jumat, 03 Januari 2014

Cuci Tangan Pakai Sabun

            Banyak orang yang berpendapat sehat itu mahal. Mungkin pendapat ini memang benar, sehat akan terasa mahal ketika kita sudah merasakan sakit. Seperti kata pepatah “Sesuatu akan terasa sangat terasa begitu berharga ketika kita telah kehilangan sesuatu tersebut”. Begitu juga dengan kesehatan. Sebisa mungkin kita harus menjaga nikmat sehat yang kita rasakan sebelum kita merasakan sakit. Setiap orang mempunyai cara mereka sendiri untuk bisa menjaga kesehatannya. Di sini saya akan membahas cuci tangan pakai sabun sebagai cara paling sederhana untuk dapat tetap bisa merasakan nikmatnya menjadi sehat.
1 . Kenapa Harus Mencuci Tangan?
            “Memangnya kenapa sih harus cuci tangan? males ah.”. Mungkin kalimat ini sering terdengar ketika seorang anak atau bahkan mungkin orang dewasa diminta untuk cuci tangan. Tapi jika dilihat dari manfaatnya, cuci tangan adalah salah satu teknik untuk menjaga kesehatan jika dilakuakan dengan baik dan benar.
            Hanya dengan mencuci tangan kita tidak hanya melindungi diri kita sendiri, tapi kita juga dapat melindungi orang-orang yang ada di sekitar kita. Kuman penyebab penyakit ada dimana-mana. Bahkan di tempat yang tak terduga-pun tak menutup kemungkinan menjadi tempat bersarangnya kuman penyebab penyakit. Penelitian yang dicantumkan dalam situs Global Hand Washing.org menyatakan bahwa  kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun mengurangi angka tidak masuk sekolah pada anak-anak hingga 42%.
2. Cara Mencuci Tangan yang Benar
            Kebanyakan dari kita mungkin sangat mensepelekan hal yang satu ini. Cuci tangan, satu hal kecil yang dapat memiliki dampak besar bagi kesehatan kita. cuci tangan yang yang benar bukanlah hanya dengan membasuh tangan dengan air saja. Tetapi, mencuci tangan juga harus dengan cara yang benar untuk mendapatkan hasil maksimal.
            Berikut adalah cara mencuci tangan yang benar menurut situs http://dinkes.magetankab.go.id :
  1. Basahi tangan setinggi pertengahan lengan bawah dengan air mengalir
  2. Gunakan sabun di bagian telapak tangan yang telah basah
  3. Digosok telapak tangan ke telapak tangan, sehingga menghasikan busa secukupnya selama 15-20 detik. Dalam membasuh/menggosok tangan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah : 
  4. Bilas kembali dengan air bersih
  5. Tutup kran dengan siku atau tissu
  6. Keringkan tangan dengan tissu / handuk kertas
  7. Hindarkan menyentuh benda disekitarnya setelah mencuci tangan
3. Kapan Kita Harus Mencuci Tangan
            Cuci tangan, satu hal sederhana yang bisa dilakukan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Namun, ada saat-saat tertentu yang mengharuskan kita untuk cuci tangan dengan tujuan menghindari adanya penularan penyakit melalui mikroba yang menempel di tangan. 5 Waktu penting untuk Cuci Tangan Pakai Sabun adalah :
a. Sebelum makan
b. Sesudah Buang Air Besar (BAB)
c. Sebelum memegang bayi
d. Setelah membersihkan anak yang Buang Air Besar (BAB)
e. Sebelum menyiapkan makanan

Nah, tunggu apalagi? buat hidup kita lebih sehat dengan mencuci tangan. Sebarkan pula virus cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada orang-orang di sekitarmu, agar terwujud lingkungan yang bersih dan sehat. Ada sedikit pesan dari STBM Indonesia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar